Bupati Samosir Tanam Pohon di Kompleks Situs Rumahela Pusuk Buhit

Vandiko T Gultom melakukan penanaman pohon di Komplek Situs Rumahela, Pusuk Buhit, Kelurahan Siogungogung, Pangururan, Selasa (4/7/2023).

topmetro.news – Dalam rangkaian kegiatan Festival Wisata Edukasi Leluhur Batak, Bupati Samosir, Vandiko T Gultom melakukan penanaman pohon di Komplek Situs Rumahela, Pusuk Buhit, Kelurahan Siogungogung, Pangururan, Selasa (4/7/2023).

Festival Wisata Edukasi Leluhur Batak ini adalah atas inisiasi Komunitas Rumahela. Berlangsung mulai tanggal 1 hingga 9 Juli 2023, dengan berbagai kegiatan Budaya Batak.

Bupati Samosir bersama Forkopimda menjajal jalan setapak menuju lokasi menggunakan sepeda motor trail. Kehadiran Bupati di kompleks situs dapat sambutan hangat Pembina Komunitas Rumahela Hinca Panjaitan, bersama istri dan pengurus lainnya.

Bupati Samosir mengucapkan terima kasih kepada Komunitas Rumahela yang telah mengadakan Festival Wisata Edukasi Leluhur Batak. Ia berharap, melalui agenda rutin tersebut akan memperkokoh, bahwa Titik Nol Peradaban Batak berada di Pusuk Buhit.

Dalam pelestarian ke depan, Vandiko mengajak Komunitas Rumahela dan seluruh stakeholder untuk bekerjasama menjaga dan melestarikan situs-situs bersejarah di Pusuk Buhit.

Lestarikan Pusuk Buhit

Sementara itu, Pembina Komunitas Rumahela yang juga anggota DPR RI, Hinca Panjaitan menyebutkan, situs-situs budaya di Pusuk Buhit harus dijaga dan dilestarikan. Untuk itu, Hinca meminta Pemkab Samosir untuk bersama-sama membangunnya.

Turut Hadir, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M Sinaga. Kemudian, Kapolres Samosir Yogie Hardiman, Pabung 0210/TU G Sebayang, Danramil Pangururan Sugino, Kajari Samosir Andi Adikawira Putra.

Hadir juga Asisten I Tunggul Sinaga, Kadis Kominfo Immanuel Sitanggang, Kadis Pariwisata Tetty Naibaho, Kadis Lingkungan Hidup Edison Pasaribu, Camat Pangururan Robintang Naibaho, dan Lurah Siogungogung Wilson Naibaho.

sumber | RELIS

Related posts

Leave a Comment